Jumat, 19 Oktober 2012

[BAB 4]pengertian cinta kasih,3 unsur tentang cinta,3 unsur dlm segitiga cinta,3 tingkatan cinta,cinta menurut ajaran agama,berbagai bentuk cinta,ayat2 al-Oquran,pengertian kasih sayang,cinta kasih dari orang tua,contoh2 kasih sayang,pengertian kemesraan,puisi tentang kemesraan,pengertian pemujaan,pengertian belas kasih,cara2 menumpahkan belas kasih,pengertian cinta kasih erotis


PengertianCintaKasih
Cintaadalah rasa sangatsukaatausayang (kepada) ataupun rasa sangatkasihatausangattertarikhatinya.Sedangkan kata kasih, artinyaperasaansayangataucinta (kepada) atausangatmenaruhbelaskasihan.Dengandemikiancintakasihdapatdiatikansebagaiperasaansuka (sayang) kepadaseseorang yang disertaidenganmenaruhbelaskasihan.
Terdapatperbedaanantaracintadankasih, cintalebihmengandungpengertiantentang rasa yang mendalamsedangkankasihmerupakanpengungkapanuntukmengeluarkan rasa, mengarahkepada yang dicintai.
Cintajugaselalumenyatakanunsur - unsurdasartertentuyaitu:
1.Pengasuhan, contohnyacintaseorangibukepadaanaknya. 
2.Tanggungjawab, adalahtindakan yang benar – benarbedasarkanatassukarela.
        3.Perhatian, merupakansuatuperbuatan yang bertujuanuntukmengembangkanpribadi orang lain, agar maumembukadirinya.


 CintaMenurutajaran Agama
Mungkinbisadikatakanbahwacintaadalahhal yang sangatberartibagidirikitasepanjanghidupkita ,kasihdimanasesuatu yang memilikihal yang sangatberartiuntuksalingmengasihiantara sesame manusia. Bila kata cintadankasihdigabungkanmenjadisatumenjadicintakasih ,akanmenjadi kata yang sangatbermaknabagihidupkita. Cintasendirisangatsakralbagihidupkitasalingmencintai ,salingmenyayangidansalingpengertian ,  dimanasemuainiberhubungandenganperasaan yang adadalamhati yang timbuldariketertarikanpadasuatulawanjenis yang menjadiingin rasa memilikidanmenjadisepasang yang takinginlepasdarisesuatutersebut. Kasih yang menjadipelengkapdari kata cinta yang satusama lain salingmengasihidanmenjagahatidenganbaik .tetapicintajangandilaksanakandengan NAFSUdan GENGSI .  kenapadengan  NAFSU dan GENGSI karenakitamemilih orang tersebutbukankarenairi yang hanyamengikutihawanafsusajadanmaluterhadaplingkungansekitar. Pastiandapernahmendengarpepatah“ kalaujodohgakankemana”, nah dalamhalinibisadikatakankitamemilihdengansabarjanganterburuburu ,kitatelaahmana yang cocokdengandirikita. Bilakitalaksanakandenganbaik ,kitaakanmerasanyamandansenang. Zamansekarangbisadikatakansemakinkezamanakansemakincepat orang merasakancintakasih, lalusatulagi, pacarakanmenuruti kata pacarnyadibandingkandengan orang tuanya , nah kitaharustahubetul , apakancintakasihkitadirestuiatautidak, karenaapabilatidakmakaakanmenjadihubungantidakbaik
Cintadalam agama islam. Simpangsiurtentangcintadalam agama islam ,bisadiartikansebenarnyatidakbolehdikarenakanbelummuhrim , karenadalam agama islambelumbolehmencintaidanmemilikilawanjenissebelummenikah , apabilasudahmenikah , barubolehmencintaidanmeiliki.
Sebenarnyacintadalam agama islamadalahcintakitaterhadap sang pencipta ,kitacintaterhadapsemua yang telahdiciptakan demi meneruskanhidup di dunia yang haruskitasyukuriatassegalarahmatdankarunia yang telahdiberikankepadakita di dunia , janganlahkaumendustaiapa yang telahdiberikanoleh Allah Swt , kitaharuscintamelaksanakansegalaapa yang telahdiperintahkandanmenjauhisegalalarangannnya.
KASIH SAYANG
Menurutkamusumumbahasa Indonesia karanganW.J.S.Porwadarminta, kasihsayangadalahperasaansayang, perasaancintaatauperasaansukakepadaseseorang. Apabilasuatuhubungancintadiakhiridengansebuahpernikahanmakahaliniakanmenimbulkanperasaan yang lebhdewasalagidanjugamenuntut agar suatuhubungantersebutlebihbertanggungjawab, perasaaninilah yang disebutdengankasihsayang, mengasihi, atausalingmenumpahkankasihsayang.

Macam-macam cinta kasih dari orang tua :
1. Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat pasif.
2. Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat aktif.
3. Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat pasif.
4. Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat aktif


Contoh-contoh tentang kasih sayang :
1. Cinta kasih antar orang tua dan anak. Orang tua yang memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, berarti mempunyai rasa cinta kasih terhadap anak. Mereka selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik dan berguna di kemudian hari.
2. Cinta kasih antara pria dan wanita. Seseorang pria menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku baik, lemah lembut, sopan, apalagi memberikan seuntaian mawar merah, berarti ia menaruh cinta kasih terhadap gadis itu.
3. Cinta kasih antara manusia. Apabila seorang sahabat berkunjung ke rumah kawannya yang sedang sakit dan membawa obat kepadanya berarti bahwa sahabat itu menaruh cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu.
4. Cinta kasih antara manusia dan Tuhan. Apabila seorang taat beribadah, menurut perintah tuhan, dan menjauhi larangan-Nya, orang itu mempunyai cinta kasih kepada tuhan penciptanya.
5. Cinta kasih manusia terhadap lingkungan. Apabila seseorang menciptakan taman yang indah, memelihara taman pekarangan, tidak menebang kayu di hutan seenaknya, menanam tanah gundul dengan teratur, tidak berburu hewan secara semena-mena atau dikatakan bahwa orang itu menaruh cinta kasih atau menyayangi lingkungan hidupnya.

 Kemesraan
Pengertian kemesraan :
    Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
Puisi tentang kemesraan :

KEMESRAAN DI DALAM CINTA
"Hidup ini indah karena Cinta"
Aku tak tau mencinta..
Sebelum kuterlahir jadi manusia..
Kutak tau tuk apa kutercipta...
Karena tiada yang mau..
Mengajarkan aku untuk mencinta..
Seandainya cinta kurasa sejak dini..
Kupasti tak merasakan terabai...
Karena dia, yang jadi milikku..
Begitu baiknya ajarkan aku mencinta...
Ajarku tuk menyayanginya..
Dan memberikan aku semangat hidup....
Keluh kesahku tak pernah ada..
Karena dia, yang slalu menasehatiku..
Mempersembahkan canda pada hatiku...
Sehingga berwarnalah dunia ini...
Aku tak mau, kehilangan kemesraan ini..
Ajarilah aku slalu sayangku..
Kuingin slalu bersamamu..
Menjaga cintamu..dan memelukmu...
Tak sekedar ciuman mesra untukmu..
Tapi pengorbanan raga, kusiap sedia untukmu...
Aku cinta kamu....
(sumber puisi : http://fransescodealova.blogspot.com/2008/08/kemesraan-di-dalam-cinta.html)



Pemujaan

Pemujaanberasaldari kata puja yang berartipenghormatanatautempatmemujakepadadewa – dewaatauberhala.Dalamperkembangannyakemudianpujaanditujukankepada orang yang dicintai, pahlawandanTuhan YME.PemujaankepadaTuhanadalahperwujudancintamanusiakepadaTuhan, karenamerupakaninti ,nilaidanmaknadarikehidupan yang sebenarnya.
Cara Pemujaandalamkehidupanmanusiaterdapatberbagaiperbedaansesuaidenganajaran agama, kepercayaan, kondisidansituasi.TempatpemujaanmerupakantempatkomunikasimanusiadenganTuhan.Berbagaisenisebagaimanifestasipemujaanmerupakansuatutambahantersendiridalamterciptanyakehidupan yang lebihindah.

Belas Kasihan

Pengertian belas kasih :
     Belas kasih (composian) adalah kebajikan satu di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian .
Cara-cara menumpahkan belas kasih :
Berbagai macam cara orang memberikan belas kasihan bergantung kepada situasi dan kondisi, seperti :
1. Ada yang memberikan uang.
2. Ada yang memberikan barang.
3. ada yang memberikan pakaian, makakanan dll.

Cinta Kasih Erotis

Pengertian cinta kasih erotis :
      Cinta erotis adalah kehausan akan penyatuan sempurna akan penyatuan dengan yang lainnya. Keinginan untuk bersatu dan berteman dengan lawan jenis, untuk menghilangkan sepi atau untuk menenangkan suatu naluri seksual. Cinta kasih dapat merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual. Namun apabila penyatuan fisis tadi tidak dilandasi oleh cinta kasih maka hanya akan membawa pada penyatuan yang bersifat pesta pora dan sementara saja.
      Cinta kasih erotis, apabila benar-benar sebuah cinta sejati, mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima pribadi lawan jenisnya. Cinta ini terjadi antara dua orang anak manusia berlainan jenis, yang ingin menyatukan diri mereka untuk mengisi kekosongan hidup dan sebagai teman hidup dalam mengarungi bahtera kehidupan.

Referensi: 


Diposkan oleh Jordan Reynald di 20:17 Tidak ada komentar:
RABU, 03 OKTOBER 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar